Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Siswa Kelas V SD Angkasa Kota Padang

Authors

  • Edo Ilham Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini universitas negeri padang
  • Gusril universitas negeri padang
  • nuridin widya pranoto universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/ikeor.v2i4.94

Keywords:

Permainan Tradisional, Gerak Manipulatif, Anak Usia Dini

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan gerak manipulatif siswa kelas V SD Angkasa 2 Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan permainan tradisional terhadap kemampuan gerak manipulatif siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SD Angkasa 2 Kota Padang dan proses pengambilan data dilakukan pada bulan November-Desember 2022. Penelitian ini diikuti oleh seluruh siswa kelas V SD Angkasa 2 Kota Padang yang berjumlah 24 siswa. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari melempar dan menangkap bola tenis. Metode analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak manipulatif (putra) dengan 17,31 t(hitung > ) t-tabel 1,80. 2) Permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan manipulatif siswa dengan 15,77 t-(hitung > ) t-tabel 1,81. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah permainan tradisional sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik-manipulatif siswa. Diharapkan melalui penelitian ini guru penjasorkes dapat mengaplikasikan permainan tradisional pada setiap kelas penjasorkes untuk meningkatkan kualitas gerak anak terutama kemampuan gerak manipulatif.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Ilham, E., Anton Komaini, Gusril, & nuridin widya pranoto. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Siswa Kelas V SD Angkasa Kota Padang. Jurnal IKEOR, 2(4). https://doi.org/10.24036/ikeor.v2i4.94

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>