Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Siswa Kelas V SD Angkasa Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/ikeor.v2i4.94Keywords:
Permainan Tradisional, Gerak Manipulatif, Anak Usia DiniAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan gerak manipulatif siswa kelas V SD Angkasa 2 Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan permainan tradisional terhadap kemampuan gerak manipulatif siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SD Angkasa 2 Kota Padang dan proses pengambilan data dilakukan pada bulan November-Desember 2022. Penelitian ini diikuti oleh seluruh siswa kelas V SD Angkasa 2 Kota Padang yang berjumlah 24 siswa. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari melempar dan menangkap bola tenis. Metode analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak manipulatif (putra) dengan 17,31 t(hitung > ) t-tabel 1,80. 2) Permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan manipulatif siswa dengan 15,77 t-(hitung > ) t-tabel 1,81. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah permainan tradisional sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik-manipulatif siswa. Diharapkan melalui penelitian ini guru penjasorkes dapat mengaplikasikan permainan tradisional pada setiap kelas penjasorkes untuk meningkatkan kualitas gerak anak terutama kemampuan gerak manipulatif.