Korelasi HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK SDIT KOTA PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.24036/ikeor.v2i4.108Keywords:
Aktvitas Bermain, Kemampuan MotorikAbstract
Abstrak: Permasalahan penelitian ini adalah adanya perbedaan aktivitas sehari-hari siswa terutama aktivitas bermain siswa yang satu dengan siswa yang lain, yang menyebabkan keragaman keterampilan motorik siswa di SDIT Kota Padangsidimpuan.Tingginya kemampuan motorik siswa di duga karena tingginya aktivitas bermain siswa, sebaliknya rendahnya kemampuan motorik siswa di duga karena rendahnya aktivitas bermain siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain dengan kemampuan motorik siswa SDIT Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Kota Padangsidimpuan yang terbagi atas SDIT Bunayya Kota Padangsidimpuan dan SDIT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang diambil dari kelas IV dan V masing masing 10 orang yang berasal dari 2 sekolah yaitu SDIT Bunayya Kota Padangsidimpuan dan SDIT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan. Data aktivitas bermain diperoleh dengan menggunakan angket yang validitas dan reliabilitasnya serta keterampilan motorik diuji dengan menggunakan tes keterampilan motorik. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas permainan dengan keterampilan motorik, dimana rhitung = 0,625 > rtabel = 0,312 dan thitung = 5,299 > ttabel = 2,021.
Kata Kunci: Aktivitas Bermain, Kemampuan Motorik