ANALISIS POTENSI OLAHRAGA REKREASI TREKKING DI OBJEK WISATA AIR TERJUN 7 TINGKEK KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Muhammad Fayadh Zabihullah Fayad Universitas Negeri Padang
  • Alimuddin UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Nugroho Susanto UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Ilham UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Keywords:

Recreational Sports, Trekking, Waterfalls, SWOT Analysis

Abstract

Penelitian ini berawal dari keingintahuan peneliti mengenai potensi olahraga rekreasi trekking di Objek Wisata Air Terjun 7 Tingkek Kabupaten Solok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah olahraga rekreasi trekking berpotensi untuk dikembangkan di Objek Wisata Air Terjun 7 Tingkek Kabupaten Solok.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, hal ini guna untuk melihat situasi dan kondisi alam yang terdapat di Objek Wisata Air Terjun 7 Tingkek Kabupaten Solok. Informan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yaitu Wali Nagari Saniangbaka, pengelola objek wisata air terjun 7 Tingkek Kabupaten Solok, Pokdarwis, warga / masyarakat, dan wisatawan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Objek Wisata Air Terjun 7 Tingkek Kabupaten Solok memiliki potensi untuk dikembangkannya olahraga rekreasi trekking, Oleh karena itu, dapat diperoleh kesimpulan berdasarkan analisis SWOT untuk pengembangan pariwisata di Nagari Aia Angek, Strengths (Kekuatan): Keindahan alam, infrastruktur pendukung, peran aktif masyarakat local, Weaknesses (Kelemahan): Pemeliharaan jalur trekking, keamanan pengunjung, Opportunities (Peluang): Perubahan kebijakan pariwisata, Threats (Ancaman): Perubahan kebijakan pariwisata yang tidak dikelola dengan baik.

Published

2024-08-21

How to Cite

Fayad, M. F. Z., Alimuddin, Nugroho Susanto, & Ilham. (2024). ANALISIS POTENSI OLAHRAGA REKREASI TREKKING DI OBJEK WISATA AIR TERJUN 7 TINGKEK KABUPATEN SOLOK. Jurnal IKEOR, 2(2). Retrieved from https://ikeor.ppj.unp.ac.id/index.php/ikeor/article/view/375

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3