ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR USIA 10-12 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.24036/ikeor.v3i4.667Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap keterampilan motorik peserta didik sekolah dasar usia 10–12 tahun. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya intensitas penggunaan game online di kalangan anak usia sekolah dasar yang berpotensi mengurangi waktu aktivitas fisik.(Pambagyo, 2020) Kondisi tersebut dikhawatirkan akan berdampak pada perkembangan motorik anak, baik motorik kasar maupun halus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 30 orang siswa SD Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Instrumen penelitian berupa tes Barrow Motor Ability (Standing Board Jump, Softball Throw, Zig-zag Run, Wall Pass, dan 60 Yard Dash) serta angket mengenai intensitas bermain game online.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memainkan game online lebih dari 2 jam per hari, dengan jenis game populer seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, dan Roblox. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pengawasan orang tua dan sekolah dalam mengatur waktu bermain game online serta peningkatan aktivitas fisik melalui pendidikan jasmani. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dan orang tua dalam mendampingi anak menghadapi perkembangan teknologi.
Kata kunci: Dampak, Game Online, Keterampilan Motorik

