PENGEMBANGAN SENAM IRAMA BAGI ANAK USIA DINI
Keywords:
Senam Irama, Anak Usia Dini, Aikens VAbstract
Senam irama adalah salah satu olahraga yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani serta mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program senam irama yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Anak usia dini secara umum berada dalam fase perkembangan kognitif sehingga diperlukan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif dalam pembelajaran gerak. Senam irama dipilih sebagai salah satu metode yang dapat mendukung perkembangan motorik halus dan kasar, serta meningkatkan koordinasi tubuh dan ritme anak. Penelitian dilakukan pada anak usia dini yang bersekolah ditiga tempat sekolah taman kanak-kanak (TK). Sampel penelitian yang diambil dari uji coba skala kecil berjumlah 8 anak usia dini di TK AL-FATIHAH, kemudian sampel uji coba skala besar berjumlah 8 anak usia dini di TK Islam Mentari Bunda dan 17 anak usia dini di TK Asyiyah VI. Total untuk sampel uji coba skala besar berjumlah 25 anak usia dini dan total untuk keseluruhan sampel berjumlah 33 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan lima tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengukur validitas program, dilakukan validasi oleh para ahli menggunakan Aiken’s V, yang mengevaluasi kejelasan, kesesuaian, dan keefektifan program berdasarkan skor yang diberikan oleh ahli pakar. Hasil nilai analisis Aiken’s V adalah 0.807407, menunjukkan bahwa program senam irama ini memiliki validitas sangat tinggi dan layak untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus, serta membangun kemampuan sosial dan kreativitas anak melalui senam irama. Kesimpulannya, program ini dapat diimplementasikan di lingkungan pendidikan anak usia dini untuk mendukung perkembangan motorik, perkembangan fisik dan sosial anak.