TINJAUAN PENGELOLAAN OLAHRAGA REKREASI TREKKING DI OBIEK WISATA AIR TERJUN LANGKUIK TINGGI MALALAK KABUPATEN AGAM

Authors

  • Aad Addinul Al Fattah Universitas negeri padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi olahraga trekking di objek wisata air terjun langkuik tinggi malalak, kabupaten agam. Penelitian ini bertujuan untuk membuat untuk dikembangkannya olahraga rekreasi trekking, hal ini dilihat dari keasrian alam yang masih alami yang sangat cocok untuk dijadikan prasaran olahraga trekking. Sehingga hasil penelitian ini dapat menjadikan pertimbangan atau pedoman dalam pelaksanaan dan pengembangan olahraga rekreasi trekking di Objek Wisata air terjun langkuik tinggi malalak, kabupaten agam agar lebih baik kedepannya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah wali nagari, masyarakat, POKDARWIS. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga rekreasi trekking di objek wisata air terjun langkuik tinggi malalak. Kabupaten agam terdiri dari Tracking dan Camping. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka pengelolaan olahraga rekreasi trekking objek wisata air terjun langkuik tinggi adalah 1). Planning untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di air terjun langkuik tinggi serta mengembangkan air terjun langkuik tinggi menjadi olahraga rekreasi, salah satunya olahraga rekreasi trekking, 2). Belum ada ketersediaan seperti penginapan, musholla, jaringan telekomunikasi, 3). Merawat hal-hal yang menjadi nilai jual objek wisata, 4). Meningkatkan aksebilitas menuju objek wisata, 5). Melengkapi, meningkatkan dan mengembangkan fasilitas, sarana dan prasarana di objek wisata air terjun.

Kata kunci : Olahraga rekreasi trekking, Objek wisata air terjun langkuik tinggi

 

Published

2024-08-21

How to Cite

Addinul Al Fattah, A. (2024). TINJAUAN PENGELOLAAN OLAHRAGA REKREASI TREKKING DI OBIEK WISATA AIR TERJUN LANGKUIK TINGGI MALALAK KABUPATEN AGAM. Jurnal IKEOR, 2(2). Retrieved from https://ikeor.ppj.unp.ac.id/index.php/ikeor/article/view/279

Issue

Section

Articles